3 September 2011

SM*SH (antara di suka dan di benci)

Pernah denger SM*SH, boyband yg lagi happening banget sekarang? SM*SH (seven man as a seven heroes) yang terdiri dari Morgan, Rangga, Bisma, Dicky, Ilham, Reza, Rafael (maaf kalo salah ketik yaaa). Mulai dari kemunculan mereka pertama kali sampai sekarang, banyak banget yang suka sama mereka, meski banyak juga yang gak suka sama mereka. Buat kalian yang suka ataupun gak suka sama SM*SH, please mikir lagi yaa...

Pertama kali denger Smash itu di kampus pas temen-temen pada ngomong 'you know me so well'. Akhir-akhir kuliah saya emang berubah menjadi sosok orang yang agak (sangat kurang) gaul. Penasaran banget sama lagunya, kok kayaknya kece banget. Download lah dan mencoba mendengarkan dengan baik. Jujur aja, pertama kali denger full lagunya itu aku sempet mikir kalo Smash itu bukan boyband, tapi band yang full pake alat musik.

Dan ngeliat video clipnya itu di TV. Ya di tv, gak pernah sekalipun mencoba nyari di youtube (karena gak kepikiran). Kata-kata pertama yang keluar di pikiran aku adalah 'oh ini smash toh'. Pas ngeliat full mulai deh banyak pertanyaan yang keluar di kepala:
  1. itu kenapa Bishma sama Dicky (kalo gk salah) rambutnya di warnain putih gitu? bikin mereka keliatan pucet (mengingat background warnanya putih & mereka putih)
  2. kalo smash itu singkatan dari seven man as a seven heroes, kenapa cuma 6 ya? 1 lagi tenggelam dimana?
  3. iya ya gayanya agak korea-koreaan gimana gitu (hasutan orang-orang, saya emang (agak) gampang di hasut)
 Sebenernya banyak pertanyaan yang lain, tapi ini aja kali ya, karena emang yang sering di omongin sama orang-orang.


Kalo di tanya aku suka smash atau gak, aku bakal jawab 'gak suka & gak benci, tapi cukup menghargai'. Banyak orang yang suka sama smash (termasuk adik aku sendiri). Saking sukanya mereka sama smash, mereka rela dan bela-belain nonton smash dimana pun mereka, beli majalah yang isinya tentang smash, dan lainnya. Kalo ketemu minta foto (beberapa sampai nangis), minta peluk, dan segala ini itunya. Kalo aku lagi pergi dan ngeliat majalah yang isinya tentang smash pasti aku beli, karena adek aku suka banget. Sampai CD smash, foto, dan biodatanya pun dia punya.

Tapi percaya gak kalo mereka yang benci sama smash bisa lebih banyak tau hal-hal tentang smash? Mereka yang menghujat smash dan masih ngomongin smash (padahal ampe bilang amit-amit). Kalo gak percaya, coba mari kita pikirin bareng.
  1. Mereka yang gak suka sama smash pasti tetap ngomongin smash dimana pun mereka berada & dimana pun ada smash
  2. Nonton pertunjukan musik ada smash, gak suka pasti ngacungin jari tengah dan ngata-ngatain smash
  3. Ngeliat smash di tv langsung komen di twitter/facebook (social network lainnnya). 
  4. Nge-like fanpage anti smash dan ngejelek-jelekin smash (padahal belom tentu dia lebih baik dari para personil smash)
  5. Apapun yang di perbuat sama smash selalu minus di mata para anti itu.
Inget banget dulu waktu Smash perform di acara Oz radio di Detos, ramenya parah sampe jujur aja itu mall panas bgt rasanya. pas Smash perform aku sama teman yang lain nonton dari belakang. & di depan ku ada cowok pake baju SMA berdiri sambil ngacungin jari tengah. Kayak point nomor 2, kalo emang gak suka sama smash gak usah nonton, gak usah ngatain, atau ngacungin jari tengah. Agak emosi pas ngeliat itu cowok (siapapun kamu, semoga kamu segera sadar).

Apalagi pas CCC (cinta cenat cenut) muncul di tv, banyak yang komen miring, tapi banyak juga yang komen positif. Aku? Ikutan komen lah. Bilang 'kayak ngeliat BBF' (serupa tapi tak sama). Kalo gak suka sama CCC kenapa mesti di tonton? Kan bisa di matiin itu tv, atau cari program lain yang menurut kalian lebih seru. Percaya atau gak, mereka yang gak suka CCC atau pas nonton acara musik ada smash, pasti bakal nonton sampai selesai. Kadang baru liat bentaran tapi komennya udah lama banget (durasi antara nonton dan komen lebih banyak komennya). Aku sempet nonton CCC sampai pertengahan cerita. Setengah ceritanya lagi gak nonton karena laporan magang. Tapi suka tanya sama adek ceritanya udah sampe mana, karena penasaran.

Lagu baru smash yang judulnya senyum semangat, banyak yang bilang niru penyanyi luar sana. Mulai lagi deh perang kata-kata antara si penyuka & si pembenci. Tapi apa yang para antis ini lakukan? Cuma komen ini itu aja. Mereka yang gak suka sama smash sering ngomongin smash ini atau smash itu. Sekarang coba kita pikirin deh, mereka bisa bilang negatif tentang smash itu dari mana? hasutan? atau cuma liat cover orangnya (karena emang gak kenal langsung)? atau searching? & mereka yang suka sama smash pasti mati-matian ngebela smash (semoga gak terjadi perang). (Dulu aku sempet kurang suka sama smash karena hasutan dari orang-orang sekitar yang bilang mereka itu copyannya boyband korea. Tapi untungnya segera sadar sebelum terlalu jauh menggunjingkan mereka).


Buat kalian yang gak suka sama smash tolong deh introspeksi diri masing-masing, apa kalian lebih baik dari pada para personil smash ini? Apa kalo kalian jadi mereka (smash) kalian gak bakal sedih? Kalo artis yang kalian suka di giniin kalian gak marah? Pikirin lagi deh, kalian pasti bakal belain artis yang kalian suka ketika mereka di gunjingkan oleh pihak yang gak suka, sama ky smash gini. Dan buat kalian yang suka sama smash, meskipun banyak berita miring ataupun negatif tentang smash, tetap positif aja. Gak usah mikirin orang-orang yang gak suka sama smash. Masih banyak kok hal yang lebih berguna untuk di pikirin.

Buat smash, saya emang gak kenal sama kalian. Saya cuma tau kalian lewat tv, atau artikel di majalah. Saya emang gak terlalu suka sama kalian, dan gak benci juga sama kalian. Karena menurut saya, untuk apa saya benci kalian? toh kalian gak merugikan saya. Sekarang ini saya cukup menghargai karya kalian. Menurut saya, karya kalian patut saya hargai, terlepas dari plagiat atau tidaknya kalian. Karena saya percaya, suatu saat nanti saya pasti akan di hargai juga oleh orang lain. Saya percaya, suatu saat nanti kalian akan membuat musik di indonesia lebih berwarna, lebih dari sekarang. Terus berkarya, & gak usah mikirin para anti. Anggap aja mereka yang anti smash itu adalah sahabat yang memberikan motivasi biar kalian bisa terus berkarya lebih baik.

"Keep Your Friends Close, and Your Enemies Closer."  (Sun-Tzu, 400 BC)

( Maaf kalo berantakan yaaa.... :D )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar