21 September 2011

Tayangan bermutu buat anak-anak? Masih ada gak yaaaa...??

Pas hari Minggu kemarin, aku di ajak sama si pacar (ajieh haha..) buat ketemu sama temen-temen kampusnya ngomongin tentang kegiatan mereka. Biasa lah ya kalo orang kumpul-kumpul pasti punya tempat layaknya base camp. Nah untuk membiayain bulanan base camp macam kostan ini, mereka pun putar otak mikirin kira-kira usaha apa yang mau mereka lakukan supaya bisa biayain itu kostan.

Si pacar ngusulin buka perpus tapi pake tablet PC (hayah gaya sekali dia. Padahal bayar kostan aja masih bingung. Ini mau buka perpus pake Tablet PC, sinting). Temennya pun bilang kalo minat baca sekarang ini udah makin berkurang (dan kenyataannya emang bener sih. Iya kan?) Usulan berikutnya adalah buka rental PS. Ya rental PS. Rental yang buat aku pribadi ngerusak anak-anak kecil. Emang sih pasti untungnya banyak. Tapiiii.... kalo gak mendidik kan mending gak usah.

Dari omongan rental PS itu lah tiba-tiba aku mikir, kok kayaknya jaman kecil sekarang ini sama jaman kecil waktu aku dulu kayaknya beda banget. Hei kalian, ngerasain perbedaannya gak? Apa ada yang gak ngerasain? Mari kita jabarkan perbedaan apa aja yang terjadi 15 tahun yang lalu dan yang terjadi beberapa tahun sekarang ini :


  1. Masih kah lagu anak-anak ada sekarang ini? kalo pun ada apa masih di minati?
  2. Tayangan berpendidikan masih gak?
  3. Perbandingan tayangan untuk anak-anak sama orang dewasa berapa?
  4. Buku cerita atau majalah anak-anak masih laku gak?

Sebenernya masih banyak lagi pertanyaannya. Cuma bingung apalagi. Ya kira-kira ini juga mewakili lah yaa...

Coba yang punya adek, di perhatiin deh. Adeknya lebih suka nyanyi lagu anak-anak apa lagu orang dewasa? Pasti jawabannya lagu orang dewasa. Lagu yang di nyanyiin juga paling lagunya Ungu, d'Bagundas, Armada, gitu-gitu deh. Coba di tanya lagu anak-anak macam lagu abang tukang bakso. atau yang gampangan dikit, topi saya bundar. Bisa kah mereka? Mungkin ada yang bisa dan pasti ada juga yang gak tau. Bahkan bisa aja mereka tanya "itu lagu apaan sih maa?" Mengkhawatirkan sangat. Kalo yang aku liat di tv, lagu-lagunya pun lebih banyak lagu untukorang dewasa. Kalo pun ada anak-anak yang nyanyi, pasti menjurus ke lagu dewasa (apa anak SMP udah bisa di bilang dewasa ya?)

Untuk tayangan sendiri, dikit banget. Paling kartun. Sinetron pun lebih banyak yang di prioritaskan untuk orang dewasa daripada anak-anak. Kalo pun ada juga cuma 1 atau 2 macem aja. Karena tayangan untuk 17+ lebih menarik daripada 17- (17 tahun kebawah. oke rada maksa).

Siapa yang sampe sekarang adeknya kalo mau tidur di bacain dongeng? Siapa yang masih suka beliin adeknya majalah bobo atau sejenisnya? ngacung ayoo! Sepupu aku aja gak mau dia di bacain cerita atau majalah sebelum tidur. Lebih suka dengerin lagu dangdut dari HP ibunya. Lagu kesukaannya tau apa? Keong racun. Pasti ini sepupu bakal nyanyi 'dasar kau eong acun' sambil joget-joget ala anak kecil. Ngeliatnya aja aku rada kasian. Karena di jaman sekarang ini udah jarang bahkan hampir gak ada lagu untuk anak-anak.

Apa kabar 10 tahun lagi? Apa kelak anak aku bakal dapet tontonan mendidik? Bakal ada lagu anak-anak kayak dulu? Kalo aku punya perusahaan yang bergerak di bidang pertelevisian, akubakal bikin tayangan anak-anak semua. Biar anak-anak aku Dewasa sesuai dengan umurnya. Biar gak dewasa kecepetan (si pacar cerita ngeliat anak 10 tahun jalan subuh-subuh gandengan tangan. Pacaran? Mungkin? Tapi aku gk punya alesan buat menghakimi kedua bocah itu)

Kalian yang masih punya adek, di ajarin adeknya lagu anak-anak jaman kita kecil dulu. Di bacain dongeng, atau cerita macam cinderella atau putri salju. Biar kelak ketika adik kita punya anak, mereka akan menceritakan hal yang sama yang kita lakukan sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar