14 September 2011

Ketika harapan tidak sama dengan kenyataan apa yang akan kalian lakukan?

Udah beberapa kali ini aku nemu harapan sama kenyataan yang gak sesuai. Kalo aku pribadi sih pasti kecewa, nyerah tapi di balik nyerahnya itu pasti mikir gimana caranya supaya bangkit lagi. Diantara kalian pernah kah nemuin hal yang serupa tapi tak sama kayak gini? Sebenernya judul ini merupakan metode untuk mencari masalah (dan pemecahan masalah) pas bikin laporan magang. Kalo bingung maksudnya gimana, nih aku kasih contoh dari kisah nyata yang terjadi di kehidupan orang terdekat ku (selain rumah yang saling berdekatan, hubungan pun sangat dekat).

Panggil aja dia Bunga (kenapa harus bunga? karena banyak yang kalo pake nama samaran bilangnya bunga) berusia 16 tahun yang kehidupannya menengah kebawah (sama menengahnya seperti saya). Dia itu anak angkat, dan dia tau bahwa dia anak angkat itu dari ibunya yang keceplosan ngomong pas lagi ngomel (mirip kayak sinetron). Dan dari situ dia mulai nyari siapa orang tuanya dia yang sebenarnya.

Sayangnya, ketika dia udah males buat nyari, dia mulai mengumbar kalo orang tuanya itu lebih kaya dari keluarga yang mengadopsi dia. Jujur aja, meski kehidupan dia menengah ke atas, tapi dia selalu nunjukin kalo dia itu anak orang kaya. Banyak yang dia mau dan gak perduli dari mana orang tuanya dapet duit buat ngebiayain kehidupan mereka.

Tiap malem keluyuran pulang pagi. Bilang ke semua orang kalo dia anak angkat dan orang tua aslinya itu orang kaya. Kalo ke sekolah dandanannya harus lebih "WAH" dari temen-temennya yang lain. Tiap ada gadget baru yang kece dia harus punya. Orang yang ngeliat tingkahnya juga males kali ah. Apalagi orang tuanya coba??


Nah apa hubungannya sama judul ini? Pada mikir begini gak ya? Oke kita bermain logika sekarang.

Gini nih logikanya. Dia anak angkat dan (maaf) orang tua angkatnya membayar sejumlah uang supaya bisa ngasuh dia. Kalo misalnya emang bener orang tuanya kaya seperti apa yang dia umbar selama ini, buat apa orang tua kandungnya mengizinkan Bunga untuk di adopsi? Gak bisa menghidupi Bunga? (kan banyak duit) Apa Bunga cacat? (gak ah dia gak cacat) Takut gak bisa di urusin? (kan bisa sewa baby sitter) Masih banyak pertanyaan lain yang sampe sekarang ini jujur aja masih kepikiran.

Nah mari kita jawab bareng (yang punya option lain mari di share ya). Orang tua angkat bunga harus bayar sejumlah uang kan? Nah berarti mereka butuh uang bukan? Ketika orang tua mengikhlaskan anaknya untuk di adopsi mereka pasti sedih (kalo gak sedih, maaf banget tapi kalian bukan orang tua yang baik). Mereka sebagai orang tua pasti mau anaknya mereka urus sendiri, bukan orang lain yang ngurus. Nah dari beginian aja bisa sedikit dapet titik cerah kalo orang tua aslinya Bunga itu gak sesuai sama apa yang Bunga umbar selama ini. Iya gak sih?

2 hari yang lalu, katanya ada sepasang orang tua dateng ke rumahnya Bunga. Emang aku sendiri gak liat langsung sih, cuma denger cerita aja dari orang-orang. Dan katanya itu orang tuanya Bunga yang asli. Daaannnn..... gak sesuai sama apa yang Bunga imbar selama ini. Tapi kalo udah begini apa si Bunga ini bakal ngakuin kalo mereka orang tua kandungnya Bunga? Setelah dia mengubar bahwa orang tuanya itu kaya raya?

Kalo emang bener itu orang tuanya si Bunga, apa yang bakal Bunga lakuin? Karena harapan dia gak sesuai sama kenyataan yang ada. Dia bilang kalo orang tua kandungnya kaya raya aja itu adalah sebuah harapan buat aku. Tapi kenyataannyakan berbeda. Orang tuanya gak sesuai sama apa yang dia umbar selama ini. Ada banyak option yang kepikiran sampe sekarang untuk jawab pertanyaan "apa yang bakal bunga lakuin kalo ternyata harapan gak sesuai sama kenyataan" Dan aku membiarkan pertanyaan ini gak aku jawab.

Dari kisah Bunga ini kita bisa ambil pelajaran buat gak asal ngomong. Karena kita sendiri yang nantinya bakal mau sama apa yang udah kita perbuat. Pikirin dulu akibatnya dari apa yang mau kita lakuin. Kalo udah kayak gini bukan keluarga atau teman-teman kalian yang malu, tapi kamu sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar