1 Desember 2011

Magang itu rasanya (TTM banget)

Magang / internship. Siapa yang belom pernah ngerasain magang? Seru loh. Tapi ada capeknya juga. Iyalah pasti capek, soalnya harus ngerjain laporan dan tugas di tempat magang.

Sebagai (mantan) mahasiswi program VoKer UI, aku pasti magang di rumah sakit. Rumah sakitnya cuma di sekitaran JaBoDeTaBek (alay abis tulisannya). Tapi ada juga yang magang sampe ke luar kota. Magangnya itu cuma 3 bulan. Awal-awal ngerasa males tapi pas di penghujung ngerasa betah pengen terus magang (itu mah loe aja kali cen).

Pas magang itu, kalo kerja kita bagus pasti langsung di rekrut sama pihak rumah sakitnya. Tapi bukan berarti aku gak di rekrut karena kerjaan aku gak bagus ya, tapi karena di rumah sakit aku gak ada sistem rekrut merekrut anak magang. Mau cari tempat magang juga gak usah nyari sendiri, tapi tinggal milih mau magang di mana karena emang kampus aku udah kerja sama sama beberapa rumah sakit. Tapi ada beberapa juga rumah sakit yang mengharuskan kita wawancara dulu dan ngirim CV.

Langsung mulai aja kali ya, biar gak terlalu kepanjangan intronya. Buat adek-adek VoKer UI, di simak baik-baik. Ini gambaran buat kalian magang nanti:

Magang, yang ngedengernya pasti deg-deg ser. Panas dingin, demam sampe harus di opname sebulan (oke lebay). Pas mau mulai magang, aku pasrah mau di tempatin di mana aja (tapi kalo bisa deket dari rumah. Pas ngeliat daftar rumah sakitnya, mulai deh milih beberapa rumah sakit, milih 3 tapi lupa apa aja. Trus dapet gosip dari orang kampus, katanya aku magang di rumah sakit yang ada di daerah Pejaten (lupa namanya apa). Sebagai calon pemagang, aku nyari akses jalan ke rumah sakit itu biar gak nyasar. Malu amat kalo ampe nyasar.

Mulailah penentuan dimana seharusnya kita magang dan waktunya untuk ngambil surat magang buat di serahin ke pihak rumah sakit. Dengan Pe-de-nya aku masuk ke sekret bilang "Pak, surat buat rumah sakit blablabla udah kan?" "belom sen, saya masih bingung mau masukin kamu ke rumah sakit mana". Hayah si Bapake, cemana deh, kirain mah udah fix di rumah sakit itu.

Seminggu di tinggalin dan balik lagi ke kampus, ternyata masih belom fix juga. Dan ternyata di tawarin di rumah sakit Medistra di daerah Gatot Subroto (kalo gak salah). Oke dengan berbesar hati aku terima tawaran itu. Surat udah di tangan, dan aku nelponin temen yang serumah sakit sama aku. Kita ngerencanain mau kapan ke rumah sakitnya. Fix kite pergi besok.

Berbekal dengan ingatan serta ketidaktahuan kita, kita janjian di halte busway Dukuh Atas. Trus kita naik busway ke arah pancoran. Sempet nyasar dan akhirnya kita naik bus. turun bus ke rumah sakitnya lumayan jauh, karena di depan rumah sakitnya gak ada halte busway maupun jembatan penyebrangan. Gak bisa lewat bawah juga karena itu jalan tol (dan kita gak mau mati sia-sia sebelum wisuda)

Seminggu berlalu aku dapet kabar kalo cuma aku yang gak di terima di rumah sakit itu karena cuma aku yang gak punya pembimbing lapangan #tragis. For info, kita punya pembimbing lapangan yang bakal ngawasin serta memberikan tugas ke kita, serta mengACCkan laporan kita. Sedangkan pembimbing materi, dia orang yang bakal bantu kita supaya laporan kita itu kece bin ciamik.

Finally aku magang di rumah sakit mitra keluarga depok bareng sama 2 temen aku, Ria Yuniar, dan Ziko Fernando. Awal dateng buat kenalan sama orang HRD (Mbak Ari) kita janjian di depan rumah sakitnya. berdiri cengo saling nunggu satu sama lain. Lengkap semua anggota? Oke kita masuk.

Sampe lobby kita bilang mau ketemu orang hrd. Nunggu dulu kita sekitar 10 menitan. Ternyata eh ternyata kita harus ninggalin id card di lobby #mungkin kita di kira teroris haha.... Ke lantai 4 kita nunggu lagi di sofa, pas masuk ketemu hrd, kita diem gak berani ngomong apa-apa. Memberikan kesan first impression yang baik. Kelar kita makan di ITC hahaha #laper belom makan.

 Teman seperjuangan pas magang

Seninnya kita udah langsung magang. Ria di bagian HRD sedangkan aku sama Ziko di bagian marketing. Hari pertama langsung rotasi, aku ke front linner sedangkan Ziko ke pendaftaran poli umum. Di bulan awal-awal kita pindah-pindah. Ke front linner, pendaftaran poli umum, pendaftaran poli spesialis, baru ke marketing. Dan aku sempet nyoba daftarin pasien dan angkat telpon. Suatu kebangaan tersendiri karena berasa deg-deg ser haha...

Di marketing kita ngerjain banyak banget. Mulai dari sasaran mutu, asuransi, dan lainnya. Kadang kalo bosen sama kerjaan marketing aku izin sama pembimbing buat bantu ke HRD atau SekDir (sekretaris direksi). Orang-orangnya baik banget. Mulai dari OG, satpam, cleaning service, EDP, semuanya lah. Sampai-sampai aku pernah jalan bareng sama orang keuangan, namanya Mbak Vani.

Name Tag waktu magang. Suka sama angkanya

Buku panduan selama magang. Gak boleh ilang

Selama magang, ini buku gak boleh ilang. Pentingnya kebangetan. Karena di dalemnya kita harus punya tanda tangan pembimbing lapangan, pembimbing materi, serta semua hal pribadi kita. Kalo ini buku gak ada, laporan sama tugas menejerial kita gak di terima.

Gak selamanya kita dapet pembimbing materi dari dosen kita sendiri. Contohnya aku, ya aku. Dapet pembimbing dosen FKM UI. Setiap mau bimbingan mesti ke FKM. Seru sih, cuma kadang suka agak asing kalo ke sana (maklum kampus aku dulu itu Salemba & Cikini. Depok cuma beberapa minggu terakhir). Pernah juga pembimbing ku harus ke luar kota. Untungnya cuma di bogor. Dan semua mahasiswa bimbingannya dia harus (wajib, mau gak mau) nyusul dia ke bogor. Untungnya gak cuma ber3, tapi bersepuluh tapi beda rumah sakit.

Pas sidang, grogi parah, perut mules pengen ke toilet rasanya. Dateng pagi-pagi ke kampus (untungnya udah pindah ke depok). Ganti baju formal trus dandan supaya memberikan kesan yang baik hahaha.... Berkumpul lah kita 10 orang dengan 1 pembimbing yang sama. Ada aku, Ria, Ziko, Icha, Imam, Darto, Defri, Farah, Echi, Intan. Kita nunggu di lanta 2, dan setiap kita ngeliat ada mobil dateng pasti pada komen "woi mobil pembimbingnya siapa noh?" dan semua mata pada ngeliat keluar (dinding kita kaca 2 sisi, berasa di akuarium). Dan pada berdoa "please bukan pembimbing gue, hahaha....

Selesai sidang minus Imam plus pembimbing

Hari terakhir ngumpulin semua laporan, kita kalang-kabut. Cover harus ini, harus itu, tebelnya kertas harus segini, beratnya harus segitu, font cover harus segini, diameter makara harus segitu #amsyong. Tapi untungnya aku santai karena semua revisian cover, lembar pengesahan dan lainnya udah selesai. Tinggal di periksan gak sampe 10 menit lalu pulang, dan temen aku masih pada ribet ngurusin begituan hahahaha #ketawa setan

Laporan magang aku. Akhirnyaaaaa

Judul laporan ku

Kalo ini laporan managerial. Isinya 10 judul

Finally, aku lulus (share dikit ya hehe). Thanks God, lulus juga dan gak jadi MAPALA. Dan September tanggal 16 dan 17 aku wisuda. Hore hore horeee..... Wisudanya emang 2 kali. Wisuda yang tanggal 16 itu wisuda Universitas (keseluruhan UI) sedangkan yang tanggal 17 itu wisuda Fakultas (khusus VoKer aja).

Buku alumni 

Foto ku nan cantik jelita #halah. Sayang item putih

Ada fotonya bang Dika nyempil :p

Keterlaluan banyak kenangannya, gak bisa kalo cuma di sini doang. Buat adek-adek kelas aku yang mau magang, tenang aja, semua bakal baik-baik aja dan menyenangkan. Santai, rileks, di bikin asik pokoknya mah.

Gak ada yang perlu di khawatirkan  selama kalian selalu berfikir positif. Dan jangan lupa dateng ke TTM (tips and Trik Magang) ya. Kita ketemu di sana hehe...

Dan thanks buat temen-temen depok yang di bimbingin Dr. Wahyu. Masih inget kata-kata kalian yang bilang kalau "pembimbingnya Dr. Wahyu harus sukses". kangen parah sama kalian, pengen kumpul lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar