17 November 2011

Kuaci (bukan kuacian deh lo)

Semenjak Emak ama Babeh pergi haji dan sering datengnya Bude ke rumah buat nginep, intensitas (halah ribet) buat makan kuaci jadi makin sering. Yang biasanya sekali beli itu 2 bungkus, sekarang sekali beli bisa ampe 20 bungkus. (sebungkus 500 perak. Jadi kalo beli 20 bungkus itung sendiri dah yak).

Yang makanin juga paling aku, bude, adek ama kakak. Tapi kadang sodara aku namanya Icha suka minta makan kuaci. Sumpeh gaya banget tuh bocah. Padahal baru 2 taun. Kalo orang lagi makan kuaci dia pasti bilang

"Ante (tante) dede mau mam kuaci"

Gaya banget lu nong. Padahal ngupas sendiri juga gak bisa. Dia mah di kasih kuaci bukannya di gigit malah di emutin, kayak ngemut permen.

Pasti ada aja yang tanya "apa sih cen enaknya makan kuaci? Enak kagak ribet iye. Mana kecil banget kayak upil!"

Apa ya? Sebenernya bingung juga apa enaknya. Cemilan kecil yang lama makannya (ngupasnya deng) soalnya bener-bener menguji kesabaran serta mental kuat kita biar gak gampang nyerah.. Tapi yang jelas enak aja kalo makan kuaci sambil nonton atau ngobrol. Apalagi setiap sore atau malem aku jadi sering ngobrol ama tetangga sambil menikmati kuaci wahaha.... (sumpeh kagak boong ini. Kadang suka di ajakin balapan makan kuaci)

Insting mbah jambrong beraksi kembali nih. Makan kuaci banyak pengarunya apa sih? Dampaknya apaan? Dampak yang aku tau cuma bikin rumah makin kotor dan banyak sampah, serta duit yang kadang suka abis karena kalo beli suka gak kira-kira. Mari kita mulai penelusuran kita terhadap kuaci.

Di sini, di Detik Food katanya kuaci bisa pertajam daya ingat (pas banget sama aku yang suka lupa). Katanya, satu ons kuaci itu 30%-nya vitamin E. Dan vitamin E itu berguna untuk antioksidan, melindungi sel darah merah, mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet, serta banyak lagi teman-teman sepermainannya.

Puas? Belom lah. Mana ada manusia yang puas kalo udah penasaran gini. "

Jangan nyerah Cen, cari lagi yang laen" Insting Mbah Jambrong bilang begitu tuh

Kalo di situs yang satu ini, di bilang kalo kuaci tiu antioksidan alami buat penangkal kerut. Hai para kaum wanita, baca ini baik-baik. Katanya lagi, kerutan bisa dilibas dengan senyawa yang namanya hyaluronic acid. Cuma ada di kacang-kacangan. Dan kalo mau dapet manfaatnya harus makan berbagai macam olahan kacang.

Dan pemberhentian terakhir jatuh kepada Blog ini. Sumpah semua penjelasan yang aku butuhin udah ada di sini. Dan semoga semua pertanyaan yang muter di otak ini udah ke jawab. Manfaat, kandungan, semua-muanya ada cyin. Bacanya ampe riweh saking banyaknya.

Kuaci itu sumber lemak sehat (tak jenuh) hampir 90%, vitamin, antioksidan, mineral, protein dan fitokimia yang sangat baik. Kuaci sumber vitamin E paling kaya. Bisa nurunin LDL (kolesterol jahat) dan ningkatin HDL (kolesterol baik). Bisa ngurangin gejala asma (nih yang pada asma, sering-sering dah makan kuaci). Menurunkan risiko berkembangnya plak pada pembuluh darah dan kanker kolon kalo makannya cukup. Memiliki fitosterol tertinggi dan cocok buat ibu hamil karena banyak mengandung folat.

Kira-kira isinya begini. Rinciannya bisa langsung ke tekape. Di baca dengan baik dan teliti. Dijamin, gak akan ada yang bakal ngeremehin kuaci lagi.


btw ngupdate ini sambil dengerin suaranya yulian eka aditya coverin lagunya afgan. lumayan cyin suaranya hahaha... semoga orangnya gak tertarik buat baca blog ini :p


Sumber:
http://www.detikfood.com/read/2010/12/10/134414/1521682/900/kuaci-bisa-pertajam-daya-ingat
http://id.berita.yahoo.com/kuaci-antioksidan-alami-penangkal-kerutan-kulit-20110328-205700-635.html
 http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=281&catid=3
http://herrysusant.wordpress.com/2010/03/10/manfaat-kuaci-bagi-kesehatan-ibu-hamil/

http://id.wikipedia.org

4 komentar:

  1. klo kebanyakan makan kuaci,lidahnya jd asin2 gmnaaa gtu :D

    salam kancut ;)

    BalasHapus
  2. yang biji duren.. khasiatnya apa tuh?? :D

    BalasHapus
  3. salam kuaci B)
    ada 1 jenis kuaci gitu yg gede banget isinya,
    rasa juga llebih enak..
    tapi lupa namanya :p

    BalasHapus
  4. Ca Ya : iya jadi asin. kadang suka berasa sakit juga haha....

    Ahmad Farid : bikin suara jadi sekseh tuh :p

    Riz : kuaci biji labu? yang warna putih gepeng? bukanya susah tapi oke juga itu

    BalasHapus