16 November 2011

hubungan antara amarah yg berdampak pada kebersihan (halah)

Berawal dari kebiasaan atau mungkin emang dari sananya kali yak, males. Iya males banget. Buat beresin kamar aja ogahnya naujubilee. Tapi sumpah mampus ada se-su-a-tu yang bisa bikin saya jadi rajin. Tak lain dan tak bukan adalah MARAH. Iye, kalo udah marah sama orang atau lagi kesel sama orang, ini satu rumah bisa di bersihin. Lantai rumah bisa di pel-in dari atas ampe bawah kagak kelewat saubin pun. Kamar di bersihin ampe pajangan kecil-kecil juga di bersihin debunya. Cucian kotor di cuciin ampe baju yang belom di setrika langsung di setrikain. Semuanya di kerjain seharian dan bikin perasaan sedikit lega. AMAZING BANGET.

Tiba-tiba iseng aja ngetweet "sepertinya ada hubungan tersendiri antara marah dan bersih". Dan mulai tergerak buat nyari tau hormon apaan sih yang bisa bikin aku begini? Apalagi temen, si desnimalawaty ngasih judul buat blog ini via twitter. Judulnya itu ya yang ini "hubungan antara amarah yang berdampak pada kebersihan, studi kasus pada dapur belakang" sumfeh berasa lagi ngerjain tugas akhir judulnya begitu haha...



Mulai deh sercing-sercing di internet tentang macam-macam hormon. Banyak banget hormonnya dan bikin puyeng. Ampe gak inget webnya apa. Pindah lah nyari yang lain. pas lagi nyari tiba-tiba tertarik ama web yang ini. Cuma sama aja, pusing. Hormonnya banyak banget dan kayaknya gak ada yang cocok sama gejala yang aku alamin. Contohnya:

  1. Melatonin: fungsinya sebagai antioksidan dan mengontrol tidur. 
  • Kelebihan hormon melatonin: lesu, gangguan hati, gangguan mata, kelelahan, disorientasi, pikiran & perilaku psikotik, kebingungan, mengantuk, gangguan berbicara, gemetar, sakit kepala dan pusing (gue banget tuh suka pusing).
  • Kekurangannya: kesulitan tidur atau insomnia, tidur tidak nyenyak, pembesaran prostat, depresi, kelelahan, siklus haid tidak teratur, gelisah, sindrom premenstruasi (PMS), katarak, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung (aritmia).(gue banget emang ini mah)
     2. Serotonin. fungsinya ngontrol mood/suasana hati, nafsu makan, & tidur
  • Kelebihannya: menyebabkan kegelisahan, kebingungan, peningkatan denyut jantung, pupil melebar, kehilangan koordinasi otot, berkeringat, diare, sakit kepala, menggigil, mual, muntah, kejang, demam tinggi, detak jantung tak teratur, gerakan tidak terkendali dan hilangnya kesadaran.
  • Kekurangan: menyebabkan kecemasan, tertekan, fobia, pesimistis, gelisah, tidak percaya diri, mudah marah, gangguan tidur, PMS, sakit kepala dan sakit punggung.
Masih banyak lagi kayak Tidoid (beda ama tifoid ya), Adrenalin, Dopamin, Insulin, dan kawanannya yang banyak banget.

Tapi yang namanya penasaran gak bikin kita cepet puas sama jawaban begini aja kan?. Mulailah mencari lagi sumber lain yang kira-kira bisa menambah pengetahuan sekaligus referensi ku.

Coba bula link yang disini. Tapi sekali lagi aku gak puas sama penjelasannya. Yang bisa aku tangkep cuma resiko marah, akibat yang di timbulkan, & resiko lebih besar ada pada laki-lagi (hai kalian kaum laki-laki, waspadalah).

Akhirnya, setelah minum teh panas satu gelas, sayur asem satu mangkok dan cumi goreng tepung (emag laper aja lo cen). Akhirnya menemukan sedikit titik cerah dari kegalauan ini.

Ini dia yang bikin otak ku agak cerah dikit. Judul artikelnya "Olahraga Untuk Meredam Rasa Marah". Salah satu isinya yang bikin tertarik ialah:

"Banyak cara yang disarankan untuk meredakan marah dan menenangkan diri dari rasa marah. Ada yang menyarankan untuk berteriak di suatu tempat, menghela nafas, dan cara lainnya. Bila cara itu sudah tidak ampuh, anda dapat mencoba untuk olahraga ringan kalau sedang marah."

Noh di bilangin kan ama dia, kalo marah bisa nyoba olahraga ringan biar bisa tenang. Olahraga ringan (menurut pemikiran ku) kan bisa apa aja. Bersih-bersih rumah, jalan ke pasar (belanja), macem-macem lah. Dan emang kalo teriak atau cara lain tuh gak mempan, malah bikin nambah emosi.

Jadi kesimpulannya ialah ada satu hormon yang bisa ngendaliin mood kita, yaitu hormon Serotonin. Dan setiap orang itu punya cara masing-masing buat nenangin diri ketika lagi marah. Ada yang teriak-teriak, nangis, atau mungkin olahraga macam aku gini (beberes rumah). Ternyata semua hormon serta apa yang kita rasain (lakuin) itu saling berhubungan.



Sumber:
https://twitter.com/#%21/desnimalawaty
http://www.mix-all.com/2011/03/macam-macam-hormon-dalam-tubuh-manusia.html
http://eka.web.id/hubungan-marah-dan-kesehatan-anda.html
http://www.catatanistri.com/kesehatan/olahraga-untuk-meredam-marah-sekaligus-menyehatkan.html

5 komentar:

  1. Gw kalo sebbel bawaannya pengen nyikat smua makanan yg ada d kantin kampus...
    Kmaren aja, kessel ma temen, langsung habis smangkok mie ayam, sepiring batagor, rujakk,, coklattt, es krim, ampe timbangan naek sekilo -___-
    Sekian

    BalasHapus
  2. rajin banget ............
    kalo aku beda lagi,
    aku kalo marah, aku milih untuk berdiam diri,..
    truss ambil seutas tali...
    gue gantung diri di bawah pohon tauge....

    BalasHapus
  3. Wah gue kebanyakan hormon melatonin,. TIDAAAKK!!

    BalasHapus
  4. jadi segala sesuatunya itu gara2 hormon ya... hm...

    BalasHapus
  5. astaga mimpi apa di komenin ama ka pina. malu ah ama dewa blogger

    BalasHapus