18 Mei 2012

Nostalgia SPMB

Haaaaiiiiii ceman-cemaaann..... Pasti yang lagi SMA sedang menunggu pengumuman, lagi galau mau kuliah jurusan apa dan dimana. Kenapa aku bisa tau? Soalnya pernah ngalamin beberapa tahun yang lalu. Kali ini aku bakal ceritain pengalaman aku waktu daftar masuk PTN. Yang nangis pas gagal keterima, ngantri formulir pas lagi sakit, galau karena keterima di 3 universitas. Bahkan pernah di telponin Mbak-Mbak salah satu univ untuk segera ngurusin beasiswa. Mari kita mulai...

SPMB apaan sih? Itu makanan apa? Itu film apa? Itu kota antah berantah bagian mana? Mungkin udah ada yang tau apa itu SPMB dan mungkin aja gak tau. SPMB itu singkatan dari Penerimaan Mahasiswa Baru. Kalo sekarang itu namanya SNMPTN yang kadang dibaca jadi SENAMPETEEN. SNMPTN itu singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri (CMIIW). Kalo tahun 90-an namanya SIPENMARU (kalo gak salah) singkatan dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru.


Dulu itu aku daftar di berbagai macam Universitas. Mulai Binus, London School, Telkom, Atmajaya, Sahid, serta UI. Jurusan yang aku ambil juga gak macem-macem, alias cuma 2. Rata-rata jurusan yang aku ambil kalo gak komunikasi ya psikologi. Dari banyak jurusan yang di tawarkan, aku cuma milih 2 jurusan itu setiap daftar ujian masuk. Aku juga gak tau kenapa.

Bulan-bulan begini pasti banyak acara kampus expo yang isinya ngasih tau tawaran beasiswa, jalur masuk, program studi yang berhubungan sama dunia kampus. Aku sering banget ikut sampe pada akhirnya aku di pertemukan dengan Binus, Atmajaya, dan Sahid.

Aku lupa ikut tes gelombang keberapa yang di Atmajaya tapi yang jelas aku tetep ambil Psikologi sama satunya apa lupa. Tes bareng temen-temen satu bimbel dan agak shock karena banyak cowok berambut panjang yang kalo di iklan 'mungkin di bonding sama pembantunya sendiri'. Beberapa hari pas pengumuman kelulusan, ternyata aku gak berhasil. Saat itu juga aku nelpon temen sambil nangis bilang 'aku gagal masuk Atma. Padahal aku pengen banget'. Si temen tuh dengan sabar memberikan beberapa nasihat. Tapi yang masih aku inget sampe sekarang dia bilang 'mungkin jodoh kamu di UI kali'. Pas dia ngomong begitu aku mendadak berenti nangis. So emejing.

Ketika semua orang niat untuk mengejar jurusan yang mereka mau, aku malah males-malesan. Ketika daftar di UI, aku ikut 3 kali. UMB, SPMB & D3 khusus UI. Waktu daftar SPMB ambil formulirnya itu di UNJ dan lagi demam parah waktu itu. Tapi orang tua aku tetep maksa buat ngantri formulirnya sendiri dan mau gak mau aku turutin. Pas di lokasi itu rame parah dan aku harus ngantri berdiri berjam-jam dengan sisa-sisa tenaga yang ada. Di beliin makan sama bokap gak di makan, di beliin minum gak di minum karena emang gak mau. Pas udah rame desek-desekan, Bokap nyamperin nyuruh pulang. Mungkin karena kasian liat aku udah pucet sedangkan Bokap enak-enakan duduk sambil ngerokok. Besoknya Bokap yang ngantriin formulir dan aku diem di rumah terkapar selama hampir seminggu.

Gak usah di tanya deh perjuangannya berhasil apa gak. Karena emang gagal. Agak nyesek ikut 2 kali dan gagal semua. Akhirnya daftar yang D3 tuh males-malesan. Pas mau daftarin online bokap tanya 'De mau jurusan apa aja?' Di situ aku bingung mau ambil jurusan apa. Gak ada ide sama sekali. Akhirnya asal sebut deh 'aku mau Perumahsakitan, Fisioterapi, sama Fisip apa aja deh'. Kalo gak salah yang Fisip tuh Sekretaris atau Perkantoran apa gitu aku lupa. Soalnya asal pilih.

Ketika orang-orang lagi pada antri ngambil nomor ujian, aku baru nyerahin berkas pendaftaran dan untungnya masih bisa. Tapi ya harus nyerahin sendiri ke gedung rektoratnya. Pas nunggu ujian orang-orang pada belajar aku mah bengong. Endingnya adalah, aku baru cek penerimaan pas hari 'H' pendaftaran ulang dan pendaftaran ulang untuk D3 cuma hari itu. Panik langsung telpon Bokap ngasih tau kalo aku keterima dan harus daftar ulang hari itu juga. Tapi akhirnya aku bisa daftar ulang di hari berikutnya karena ternyata 2 hari.

Aku punya alesan sendiri kenapa gak ngeliat penerimaan. Karena aku udah keterima di Sahid tanpa tes dan keterima di Telkom Bandung yang lagi-lagi asal pilih jurusan. Sampe sekarang aku gak inget jurusan apa yang aku ambil di Telkom *parah. Sertaaaa pesimis kalo gagal lagi untuk yang ke 3 kalinya di UI. Liat aja dari awal, daftar telat, milih jurusan asal pilih, ngerjain soal males-malesan, bisa ya di kerjain gak bisa di kosongin. Tapi ternyata ada sedikit keajaiban yang bikin aku makin lama makin sadar untuk tetep optimis meski kadang masih suka pesimis.

Mungkin pada mikir kenapa banyak banget aku dafar di Univ, karena aku mikir untuk cadangan. Ketika aku gak di terima ke PTN aku bisa belok ke PTS. Dan ketika dapet ke PTN ya aku lepas deh itu PTS. Bahkan Bokap sempet ngomel karena aku daftar ke banyak Univ dan selalu lebih banyak ambil IPC dari pada IPA.

Setiap orang itu akan merasakan gagal berkali-kali sampai pada akhirnya dia tau dan sadar untuk tetap berusaha karena keberhasilan itu tinggal sedikit lagi. Di sini aku mau kasih tau kalian untuk jangan nyerah dan kejar apa yang kalian mau. Jangan ikutin cara aku yang males-malesan dan asal pilih karena sesuatu yang kalian asal pilih akan menimbulkan malas ketika kuliah. Tiru semangatnya tapi jangan tiru kejelekannya.

Gak penting dimana kalian kuliah, yang penting itu bagaimana kalian mendapatkan ilmu yang baik dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. Semangat buat kalian yang mau kuliah :D

P.S Kalo kalian gak bisa ngerjainnya gak usah di isi. Kalo ada yang salah 1 nilainya di kurangin jadi -4. Sayang kan tuh.

7 komentar:

  1. Kenangan ujian SNPMTN :

    "Daftar cuma satu PTN, Ga pernah bimbel (cuma belajar privat sih), ujiannya pun di sekolah sendiri (hoki). Meskipun gua anak IPA, tapi pas ujiannya lebih lancar ngerjain soal IPS (ngambil paket IPC). Semua itu karena contoh soal dari empat tahun kebelakang yang dijejali bokap sebulan sebelum ujian."

    ^^v

    BalasHapus
  2. dan diriku blm merasakan dahsyatnya SNMPTN hehhe..dan milih jurusan jg susah2 gampang hmmm

    BalasHapus
  3. Ceritaku:

    " Ikut bimbel, udah ikut beberapa PMDK, gak ada yang lulus. Ikut tes utk kuliah di Pendidikan guru bertaraf internasional jurusan matematika, gak lulus. Akhirnya ambil UMB, yang aku ambil itu di UNP, USU, sam UNSRI. Pas udah ngerjain soal, aku pesimis, soalnya susah banget. -_-" . Sembari nunggu hasil UMB keluar, aku daftar SNMPTN, lagi-lagi aku gak ngambil di luar Sumatera karena takut gak lulus, aku ambil UNSRI sama UNP. Eh, ternyata aku lulus UMB, dapet di UNP di jurusan yang aku suka pula. Alhasil gak ikut SNMPTN walaupun udah beli nomor ujian" :D

    BalasHapus
  4. ini maksudnya apa? gak ngerti -__-

    BalasHapus
  5. woooooow.pagi-pagi baca postingan ini di akhir postingan merasa termotivasi... nice post kakaaaa ceniiii :*

    BalasHapus
  6. Kita sama-sama galau, tapi bedanya kamu diterima 3 Univ, kalo aku galau belum diterima dimanapun.. sian bet sian, akhirnya dapet juga.. #fiuh

    BalasHapus
  7. hahhha.. untung dulu w ikut jalur prestasi langsung ketrima hehehe..

    ======================================
    Pecinta Bola Gabung di Sini

    BalasHapus